Harga Burung Unta Terbaru

Burung unta adalah burung raksasa asal Afrika dan Somalia yang banyak di cari oleh para penghobi exotic animals. Meski demikian tidak banyak yang bisa mengoleksi burung purba ini. Faktor biaya baik sarana dan prasarana yang harus disiapkan untuk memelihara burung unta tidak bisa dibilang murah. Beberapa kolektor penyayang hewan seperti Irfan Hakim dan Alshad Ahmad terpantau memiliki burung raksasa yang tidak bisa terbang ini. Berikut kami sampaikan harga burung unta terbaru Februari 2020.

harga burung unta terbaru

Persiapan Sebelum Memelihara Burung Unta

Apa saja yang perlu disiapkan sebelum Anda memutuskan untuk membeli burung unta ? 

  • Kandang

Anda harus memiliki halaman yang luas untuk memelihara ostrich. Anakan burung unta yang kami jual mungkin terlihat imut dan lucu. Tidak membutuhkan kandang luas saat masih bayi. Namun mereka cepat sekali tumbuh dewasa. Pengalaman kami dalam 1 tahun tinggi mereka mencapai 2 meter dengan berat 100 kg.

Kandang untuk anakan ostrich sebisa mungkin tertutup, terhindar dari angin malam. Perubahan suhu ekstrim dapat mempengaruhi kesehatan mereka. Alas kandang bisa tanah, pasir, atau jerami. Jangan memberikan alas kandang yang licin karena dapat menyebabkan cacat pada kaki mereka. Burung unta juga banyak kencing / buang air kecil. Karena itu perlu dipikirkan sanitasi yang baik. Penggantian alas kandang setiap hari jika anda menggunakan jerami.

Menginjak remaja mereka butuh tempat yang luas. Mungkin kandang ukuran 5 x 6 meter cukup untuk sepasang burung onta. Namun jika Anda memiliki lahan luas, akan lebih baik jika lebih luas. Pagar kandang terutama bagiang bawah perlu dibuat yang kuat. Untuk menahan kaki-kaki mereka yang seringkali menendang. Untuk tinggi kandang tidak perlu tinggi, 1 meter cukup untuk burung unta karena mereka tidak bisa loncat.




  • Makanan 

Saat kecil mereka tidak terlalu banyak makan. Namun seiring bertambahnya usia, porsi makan mereka juga bertambah. Makanan untuk anakan burung unta adalah voor atau konsentrat. Biji-bijian seperti kacang, kedelai, beras dan juga sayuran hijau. Jika dialamnya mereka juga makan serangga. Anda bisa memberikan jangkrik sesekali.

Saat remaja hingga dewasa porsi makan mereka sangat banyak. Untuk menghemat pakan bisa diberikan campuran voor, konsentrat, bekatul dan sayuran yang di cacah. Mirip seperti kuda dan sapi. Anda juga bisa memberikan konsentrat sapi sebagai makanan tambahan.

Jangan heran jika melihat mereka makan kerikil atau bahkan batu kecil. Mereka memerlukan itu untuk pencernaannya. Ampela burung unta mampu menampung 1,3 kg makanan, 45%nya adalah kerikil. Hal ini termasuk fakta menarik burung unta yang perlu anda tahu.

naik burung unta


Apakah Burung Unta Termasuk Hewan Dilindungi ?


Ostrich ( Struthio camelus ) di alam liar Afrika dilindungi oleh pemerintah Afrika. Populasi burung unta liar telah menurun secara drastis dalam 200 tahun terakhir, dengan sebagian besar burung yang masih hidup ada di lembaga konservasi atau di peternakan. Namun, jangkauannya masih sangat besar (9.800.000 kilometer persegi (3.800.000 mil persegi)), membuat IUCN dan BirdLife International memperlakukannya sebagai spesies Least Concern .

Dari 5 subspesiesnya, burung unta Arab ( S. c. Syriacus ) punah sekitar tahun 1966, dan burung unta Afrika Utara ( S. c. Camelus ) telah menurun ke titik di mana sekarang termasuk dalam CITES Appendix I dan beberapa orang memperlakukannya sebagai Critically Endangered .

Burung unta yang di jual di pasaran adalah hasil dari penangkaran. Tidak ada lagi burung unta liar ditangkap untuk diperdagangkan. Negara-negara yang berhasil membudidayakan burung unta seperti Thailand, Malaysia dan Australia. Bahkan di Australia terjadi kelompok liar dari burung unta yang terlepas dari penangkaran.

Sehingga untuk memelihara burung unta tidak diperlukan izin khusus. Hanya saja tentu Anda harus izin kepada tetangga kiri kanan mengingat bau kkotoran burung unta yang menyengat. Kecuali Anda tidak memiliki tetangga. Jika Anda berniat ternak burung unta maka Anda harus mengurus izin ke dinas terkait. Ini berkaitan dengan izin lingkungan dan tindakan preventif akan kemungkinan adanya penyakit pada hewan peliharaan.

jual anakan burung unta


Harga Terbaru Burung Unta Di Pasaran.

Belum ada peternak di Indonesia yang menjual anakan burung unta. Karena itu pasar burung onta ini masih di suplie dari import. Importir hewan memasukan ostrich dari Dubai Bird Market dan Malaysia. Karena itu harga burung unta 2019 terbaru masih relatif mahal. Bea masuk import dan biaya cargo menjadi alasan utama mahalnya harga anakan burung unta.

Kisaran harga burung unta di pasaran :
  • Anakan burung unta usia 1-2 minggu Rp. 12,500,000 per ekor
  • Anakan ostrich usia 3-5 minggu Rp. 15,000,000 per ekor
  • Burung unta remaja dijual dengan kisaran harga Rp. 25,000,000 per ekor
  • Harga Burung onta dewasa dijual dengan kisaran Rp. 50,000,000 per ekor 
Harga burung unta di atas masih tergantung dengan jenisnya juga. Namun kebanyakan yang beredar di Indonesia adalah jenis blueneck ostrich. Sudah lama importir tidak memasukkan jenis blck ostrich.

Demikian tadi kami berikan update harga burung unta terbaru Februari-Maret 2020. Jika anda berniat membeli anakan burung unta, Anda bisa menghubungi kami di 081210111229

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Harga Burung Unta Terbaru "

Post a Comment