Cara Membedakan Jenis Kelamin Kakatua

Cara membedakan jenis kelamin burung kakatua untuk anda yang mencari informasi mengenai burung kakak tua. Selama ini kami banyak sekali mendapat pertanyaan mengenai beda kakatua jantan dan betina. Saat dewasa / matang sexual biasanya gampang membedakan jenis kelaminnya. Tapi saat masih anakan memang sulit membedakannya. Bagaimana cara membedakannya ? Simak penjelasan berikut. 

Habitat burung kakatua indonesia

Mengenal burung kakatua

Kakatua/cacatua/cockatoo atau ada yg menuliskan kakak tuwa ataupun kakak tua adalah burung asli Indonesia bagian timur. 
Telah kami singgung di postingan sebelumnya mengenai jenis-jenis kakatua bahwa habitat mereka rata² berada di kep. Seram, Maluku, Sulawesi, Halmahera, Irian dan Papua. (Lihat ilustrasi gambar penyebaran kakatua di atas). 

Kakatua merupakan burung "monomorphic" atau "sexual dimorphism" yang berarti antara jantan dengan betina memiliki kesamaan dan sulit untuk dibedakan. "Sulit" bukan berarti tidak bisa. Tapi untuk orang awam, apalagi yang bukan penghobi burung pasti akan kesulitan mebedakan jenis kelamin burung kakatua. Kebanyakan jenis burung paruh bengkok seperti juga burung nuri juga monomorphic. Hanya nuri bayan yang tidak karena jelas jantan berwarna hijau dan betina berwarna merah. Sejarahnya dahulu dikira bayan hijau dan bayan merah adalah spesies yang berbeda. Tapi ternyata mereka adalah pasangan. Burung macaw dan parrot-parot lain dari luar negeri juga kebanyakan monomorphic, dan lebih sulit membedakan jenis kelaminnya.

Cara membedakan jenis kelamin kakatua


Back to Content


Membedakan jenis kelamin kakatua dari bodinya. 

Kalau lihat foto kakatua kawin di atas pasti sudah tahu pasti kan jantan betinanya ? Kalau belum tahu saya bantu jawab : yang atas jantan & yang bawah betina. 😁. 
Jika anda memiliki burung kakatua yang jelas seumuran bisa dilihat dari besarnya badan/bodinya. Kakatua jantan lebih besar bodinya dari kakak tua betina. 

Apalagi jika anda memelihara burung kakak tua dari anakan. Akan terlihat beda sekali pertumbuhan antara jantan dan betina. Pengalaman kami sendiri porsi dan nafsu makan antara jantan dengan betina juga berbeda. 
Back to Content



Membedakan dari matanya. 

Jika kita memiliki kakatua remaja di atas 2 tahun, membedakan jenis kelamin kakatua relatif mudah. Mata jantan berwarna hitam gelap. Sedangkan mata betina berwarna coklat terang hingga merah. 

Pengalaman kami kakatua usia 7 bulan sudah bisa dibedakan dari body dan matanya. Meski masih anakan mata kakatua jantan cenderung lebih hitam dari pada betina. Mata kakatua betina cenderung coklat terang. Simak video youtube berikut ini :




Video di atas adalah si "Dos" anak ke dua kakatua galerita eleonora (mirip kakatua Triton). Dan satu lagi si "Tress" anak ketiga. Tadinya saya mengira yang menetas pertama kali adalah jantan. Tetapi saya salah. Ternyata "Dos" betina dan "Tress" jantan. Mitos pada burung bahwa yg menetas dahulu jantan ternyata kurang tepat. Dos menetas di hari kakatua Indonesia 16/09/2018 sedang Tress selisih 3 hari yaitu tanggal 18/09/2018. 

Jadi jelas membedakan jenis kelamin dari kakatua 90% akurat. Beberapa jenis burung  kakatua seperti lesser, cempaka, dan alba sangat jelas sekali terlihat mata betina berwarna merah jika sudah tua/dewasa.

Back to Content


Membedakan jenis kelamin dari paruh kakatua.

Beberapa jenis kakatua tidak bisa dibedakan dari matanya. Meskipun jika benar-benar seumuran bodi pasti berbeda. Menjadi masalah jika kita tidak tahu pasti usianya. 

Membedakan kelamin kakatua raja


Seperti Kakak Tua Raja Hitam atau black palm cockatoo yang biasa di sebut kakatua goliath. Mata jantan dan betina warnanya sama. Hanya saja bisa dibedakan secara visual melalui bentuk paruhnya. 
  • Jantan memiliki paruh yang pipih yg berwarna hitam dengan sedikit bulu coklat di paruhnya. 
  • Betina memiliki paruh lebih lebar dan biasanya berwarna keputihan (seperti warna tanduk)

Back to Content


Membedakan jenis kelamin kakatua dengan DNA

Cara terahir ini adalah cara yang paling mudah dan paling benar. Test DNA untuk membedakan jenis kelamin kakatua. Beruntung di Indonesia sendiri sudah ada lab untum DNA burung. Sehingga kita tidak perlu repot kirim sample DNA ke luar negeri. Ada dua metode dalam test DNA. 
  1. Sample bulu. Anda harus mengirim beberapa helai sample bulu burung yang fresh baru di cabut. Sample bulu bisa di ambil dari dua tempat yaitu bulu sekitar kloaka (bawah pantat). Dan bulu sekitar ketiak (bawah sayap).  Saat mencabut bulu pastikan anda steril dan tidak memegang ujung bulu yang di tarik. Masukan ke dalam plastik atau amplop. 
  2. Sample darah. Dengan sample darah yang katanya lebih akurat anda harus sedikit melukai burung anda. Biasanya di area kuku yang di tusuk dengan jarum. Gunakan plastik sample darah yang bisa di beli di apotek.  Hati² saat mengambil sample darah. Siapkan alkohol untuk mensteril alat yang di pakai dan luka bekas tusukan. 
Demikian tadi cara membedakan jenis kelamin burung kakatua. Ada kriti, saran & masukan dan pertanyaan silahkan hubungi kami melalui whatsapp. 
Back to Content

Jual burung eksotis



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membedakan Jenis Kelamin Kakatua"

Post a Comment