7 Hal Tentang Golden Pheasant Yang Perlu Anda Tahu

7 hal tentang golden pheasant yang perlu anda ketahui sebelum anda memutuskan untuk memelihara dan budidaya ayam cantik ini. Informasi di bawah ini merupakan FAQ atau kumpulan pertanyaan yang sering ditanyakan penghobi ayam hias pemula. Semoga ulasan di bawah ini dapat membantu anda yang ingin memelihara dan ternak ayam pheasant.

Ayam hias golden pheasant

1. Apakah Golden Pheasant Termasuk Satwa Dilindingi ?

Tidak ! Ayam hias golden pheasant bukan termasuk satwa dilindungi. Status pegar emas ( Chrysolophus pictusdi IUCN RedList "Least Concern" dan tidak masuk pada daftar satwa appendix CITES. 
Di alamnya ayam emas ini masih melimpah dan tersebar luas sampai keluar Cina. Meskipun demikian status kelangkaan bisa ditingkatkan mengingat berkurangnya habitat mereka akibat deforestasi. 

Di luar Cina seperti Indonesia, status ayam ini jelas "pets" atau hewan peliharaan. Bukan "satwa liar" karena memang tidak ada di alam liar Indonesia. 

Awamnya pengetahuan tentang satwa liar, satwa langka dan satwa dilindungi membuat beberapa orang menganggap bahwa semua satwa langka dilindungi. Sekali lagi itu hanya pendapat orang awam tanpa dasar. Dasar hukum jenis satwa yang dilindungi di Indonesia adalah PP No. 7 Tahun 1999 tentang pengawetan tumbuhan dan satwa liar. Kemudian pada tahun 2018 dikeluarkan Permen LHK No : P. 20 Tajun 2018 yang mendapat banyak penolakan dari Kicaumania. Kemudian muncul revisi yang dapat anda lihat pada Permen LHK terbaru No : P.92 Tahun 2018 tentang jenis satwa yang dilindungi. 

Back to Content

Budidaya ayam golden pheasant

2. Sejak Kapan Ayam Golden Pheasant di budidaya / diternakkan ?

Red golden pheasant mulai diternakkan sejak abad ke 17 atau sekitar tahun 1700 san. Tercatat di tahun 1740 burung ini di bawa ke Amerika dan di kembangkan di gunung Vernon. 

Juga, terdapat legenda mengatakan bahwa selama pencarian Bulu Emas mereka, Argonauts membawa beberapa burung emas ini ke Eropa 1.000 tahun SM.

Di Indonesia tidak jelas kapan ayam pegar emas ini masuk ke Indonesia. Ada yang mengatakan sudah sejak tahun 1980 an. Namun ayam golden pheasant baru di kenal luas di kalangan pecinta ayam hias Indonesia di tahun 2000 an. Para peternak ayam hias banyak yang mencoba keberuntungan dengan budidaya ayam pheasant ini. Rata-rata dari mereka tergiur untung dari bisnis ayam hias. Dapat di maklumi karena memang harga ayam hias golden pheasant di Indonesia masih tinggi.
Back to Content


3. Apakah Golden Pheasant Peliharaan yang menyenangkan ?

Saya akan menjawab ya ! Karena saya hobi dan saya suka. Tuhan mencintai keindahan begitu juga saya. Ayam pegar emas atau ayam hong ini adalah salah satu ayam hias yang hanya dinikmati keindahan warnanya, bukan dinikmati suaranya. Ayam ini sangat cocok diletakkan di halaman, atau di taman untuk mempercantik pemandangan. Langkanya ayam ini juga banyak dimanfaatkan oleh kebun binatang, mini zoo dan tempat-tempat rekreasi untuk menarik pengunjung. 

Karakter golden pheasant yang jinak, tidak galak membuat kita dapat berinteraksi dengan mereka. Apalagi jika memelihara dari anakan dan dibiasakan berinteraksi dengan manusia. Seperti di beri makan dari tangan, di atur jam makannya, akan melatih ayam golden pheasant terbiasa dengan kita. 

Video di atas memperlihatkan bagaimana seekor golden pheasant jantan mau berinteraksi dan memamerkan mahkota emasnya yang cantik. Tonton di youtube
Back to Content

4. Apakah Ayam Golden Bisa terbang ? 

Pegar emas bukan penerbang yang baik. Seperti semua famili phasianidae yang memiliki sayap pendek. Mereka tidak terbang seperti burung. Meskipun demikian mereka bisa loncat tinggi sambil mengepakkan sayap. Karena itu anda butuh kandang yang tertutup. Atap kandang yang terbukan bisa ditutup dengan jaring ayam, kawat strimin, atau wiremesh. 

Kandang yang baik untuk budidaya ayam pheasant adalah kandang yang aman dan nyaman. Meskipun kandang ukuran 1,5 x 1,5 meter sudah cukup untuk sepasang ayam hong ini, tapi anda tidak bisa mengharapkan mereka berkembang biak dengan baik. Minimal kandang 2 x 3 meter untuk beberapa pasang ayam pheasant. Dengan asesories kandang yang di buat seperti di alamnya. Seperti pohon untuk bertengger (nangkring) dan tanaman semak untuk bermain. 

Mereka juga dikenal suka membuat lubang di kandang. Dengan kakinya mereka mengais-ngais tanah dan bisa saja menjebol kandang. Pastikan konstruksi kandang anda aman dari hal ini.

Anda pasti tertari dengan Tips Sukses Ternak Ayam Golden Pheasant
Back to Content



5. Kapan Ayam Pheasant Golden mulai produksi ?

Golden pheasant betina lebih cepat memasuki masa produktif di banding jantannya. Biasanya di usia 1 - 1,5 tahun betina pheasant mulai nelur. Memasuki musim kawin di bulan november hingga april (musim penghujan). Pegar emas bisa bertelur 10-30 butir. Tergantung kenyamanan kandang, perawatan dan yang paling penting faktor "rejeki". 

Budidaya golden pheasen memang membutuhkan kesabaran dan keuletan yang tinggi. Karena interval masa produksi hanya setahun sekali (musiman). Tidak seperti ringneck pheasant yang produksinya tidak kenal musim.

Back to Content
Ternak ayam golden pegar emas

6. Bagaimana Cara merawat Ayam Pheasant ?

Mungkin tidak seperti anda merawat kucing atau anjing. Ayam tidak tergantung sekali dengan manusia. Berikan kandang yang layak, aman dan nyaman. Berikan makanan yang bagus dengan kandungan nutrisi yang pas sesuai usia mereka. Dan tambahan vitamin jika diperlukan. 

Makanan utama ayam pheasant di penangkaran adalah voor (makanan pabrik). Berbagai merek dan berbagai jenis voor ayam di jual di toko pakan. Lalu mana yang baik untuk ayam golden ? 
Anakan ayam pheasant golden bisa diberi pakan voor ayam kode "1" seperti 511, AD1 dan 591. Semakin besar ayam membutuhkan nutrisi yang berbeda. Karena itu pabrik pakan ayam juga memberikan seri yang sesuai untuk setiap tingkat pertumbuhan ayam. AD2-4, 592-594 dan seterusnya disesuaikan dengan usia ayam. 

Makanan tambahan seperti beras merah, jagung giling, kacang hijau dan biji-bijian yang lain boleh diberikan untuk ayam golden. Sayuran hijau seperti sawi , chesin, dan kangkung juga baik diberikan untuk mereka. Serangga dan ulat adalah tambahan nutrisi yang tepat untuk proses produksi. Selain menambah stamina, serangga dan ulat juga menjaga daya tahan tubuh ayam pheasant.

merawat golden pheasant
Back to Content


7. Apakah Ayam Golden Pheasant tahan penyakit ?

Daya tahan tubuh ayam pheasant terbukti bandel. Mereka bisa hidup di musim dingin dan musim panas. Baik di salju maupun di gurun. Akan tetapi kembali lagi ke faktor perawatan. Kandang yang aman bukan berarti cuma aman dari predator dan tangan jahil. Tetapi juga aman dari penyakit. 

Kebersihan kandang harus menjadi prioritas. Sinar matahari yang cukup dan sirkulasi udara yang baik juga sangat penting. Kandang yang lembab harus dihindari karena biasanya menjadi sarang penyakit. 

Probiotik dan vitamin bisa menjadi solusi saat memasuki musim pancaroba. Daya tahan tubuh ayam biasa turun saat memasuki pergantian musim, dan ini harus diperhatikan. Berikan makanan kesukaan mereka jika nafsu makan mulai berkurang. 

Vaksin adalah tindakan pencegahan. Jika anda memiliki kandang besar dengan bermacam macam jenis ayam di dalamnya maka perlu dilakukan tindakan preventif vaksinasi. Kami tidak menyarankan ayam pheasant untuk di campur ayam lain dalam satu kandang. Selain mudah menularkan penyakit ayam lain juga bisa membahayakan golden pheasant. Ukuran yang jauh lebih kecil di banding ayam pada umumnya membuat ayam pheasant tidak bisa mempertahankan diri jika di serang.


Demikian tadi 7 hal tentang golden pheasant yang perlu anda tahu. Ada pertanyaan lain seperti berapa harga golden pheasant terbaru ? Berapa harga anakan pheasant ? Bisa kirim ke luar kota ? Bisa kirim luar pulau ? Jual telur golden pheasant ? Jual anakan golden yang baru netas ? Garansi pengiriman ? Dan pertanyaan lain tentang cara ternak, budidaya dan merawat ayam hias golden pheasant dengan senang akan kami jawab melalui Whatsapp. Klik saja icon WA dibawah ini. Jangan lupa, subscribe bamsbreeder via email suapaya mendapat update artikel terbaru. Check spam inbox kalau² email feedburner masuk ke spam. 

Jual Golden Pheasant

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Hal Tentang Golden Pheasant Yang Perlu Anda Tahu"

Post a Comment