Tips Memelihara Kelinci

Setelah iming-iming sebelumnya mengenai kelinci pedaging dan kelinci hias, dan jika anda memutuskan mencoba memelihara kelinci meskipun awalnya hanya sekedar hobi, ada baiknya anda sempatkan dahulu membaca tips memelihara kelinci.

Hal-hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan sebelum dan saat memelihara kelinci :

1. KANDANG KELINCI

Bagi kelinci, kandang adalah rumah, dan rumah adalah istana, tentu bagi kelinci. Jika anda memutuskan hanya memelihara sepasang atau beberapa ekor saja, mungkin anda tidak perlu repot membuat kandang yang luas. Cukup membeli kandang kucing atau kandang anak anjing saja. Namun perlu anda persiapkan jika kelinci anda bertambah banyak. Yang perlu diperhatikan mengenai kandang kelinci adalah :
  • Mudah dibersihkan. Kotoran kelinci dan sisa makanan harus dibersihkan setiap hari, perlu diketahui juga bahwa kelinci mempunyai kebiasaan buang air kecil / kencing yang cukup banyak, sehingga anda harus mempersiapkan bentuk bagian bawah kandang supaya air kencing dapat langsung terbuang atau terpisah dari lantai kandang.
  • Ukuran kandang sebaiknya cukup luas untuk kelinci bermain ( 60cm x 60cm x 45cm ) atau lebih besar untuk indukan betina yang siap melahirkan.
  • Gambar di atas adalah contoh kandang yang ideal, terdapat tempat khusus makan, tempat tidur,  tempat bermain, dan tempat buang air. Kelinci adalah hewan yang cukup disiplin jika diberikan tempat-tempat khusus seperti tersebut diatas.
  • Jika anda mempunyai taman atau kebun, anda bisa melepas kelinci anda agar bebas bermain di taman dan jika anda biasakan, pada sore hari kelinci akan pulang ke kandang dengan sendirinya.
2. MAKANAN KELINCI 

Makanan utama kelinci adalah sayuran/hijauan, kelinci yang anda biarkan bermain di kebun atau lapangan akan mencari sendiri rumput kesukaannya. Namun jika anda terpaksa harus mengandankan kelinci terus menerus maka anda bertanggung jawab dalam hal makanan kelinci. Sayuran seperti kol, wortel dan hijau-hijauan lainnya adalah kesukaan kelinci, meskipun demikian kelinci juga menyukai konsentrat seperti makan ayam. Beberapa peternak memberikan campuran ampas tahu dan dedak (bekatul). Konsentrat juga berfungsi sebagai tambahan gizi yang mempercepat pertumbuhan kelinci.
Saat kami biarkan kelinci bebas di kebun, kami perhatikan kelinci juga menyukai daun-daunan kering, seperti daun pisang kering.
Umbi-umbian juga merupakan makanan kesenangan kelinci.

 

Di alam liar kelinci makan dan tidur sepanjang waktu sesukanya. Namun anda bisa memberikan kebiasaan jam makan pada kelinci kandangan. Pagi, Sore dan Malam adalah para peternak biasa memberikan makanan, sedangkan makan malam merupakan porsi terbesar karena pada hakekatnya kelinci lebih aktif di malam hari. 

Sedikit Tips supaya kelinci anda jinak : Pertama sayangi kelinci anda sepenuh hati dan yang kedua biasakan memberikan makanan langsung dengan tangan anda.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Memelihara Kelinci"